Pengertian Uppercase Adalah, Ini Penjelasan Detailnya

Cara Menampilkan Recent Documents di MS Word

recode.ID – Untuk Anda yang kerap mengetik lewat Microsoft Word tentu pernah melihat sebuah menu bernama Uppercase. Akan tetapi sudah tahukah Anda apa arti dari Uppercase ini? jika belum tahu artinya, silahkan simak ulasa redaksi dibawah ini untuk mengetahui detail penjelasannya.

Sebenarnya, penggunaan instilah yang satu ini selain muncul pada program pengolah data dan dokumen Ms Word ataupun Ms Excel, istilah ini juga kerap ditemui pada saat menjelajah di internet.

Contoh kasusnya, misal Anda membuat sebuah akun pada sebuah situs tertentu dan muncul peringatan seperti ini “password must contain an uppercase letter” ketika akan membuat password.

Untuk yang sudah paham, tentu ini bukan masalah. Akan tetapi bagi pengguna pemula, ini butuh penjelasan lengkap mengenai pengertian uppercase ini adalah untuk apa.

Baca Juga :  Begini Cara Merapikan Spasi di Word dari Hasil Copas

Pengertian Uppercase Adalah

Pengertian Uppercase Adalah, Ini Penjelasan Detailnya

Istilah ini sendiri merupakan istilah dari bahasa Inggris yang terdapat pada menu di program pengolah data dan dokumen, yakni Ms Word dan Ms Excel.

Mengutip dari situs resmi Microsoft dijelaskan jika Uppercase adalah sebuah menu yang berfungsi untuk merubah sebuah tulisan dalam bentuk huruf besar atau kapital semuanya.

Contohnya seperti ini, Anda mengetik sebuah kalimat judul ” cara mencuci mobil yang baik dan benar”. Seharusnya kalimat tersebut harus diketik dalam huruf besar semuanya seperti ini “CARA MENCUCI MOBIL YANG BAIK DAN BENAR”.

Alih-alih menghapus dan mengetik ulang dengan capslock, Anda bisa menggunakan menu uppercase ini untuk merubahnya ke huruf kapital atau huruf besar semuanya.

Lalu bagaimana cara merubah tulisan huruf kecil menjadi huruf kapital semuanya dengan menu yang satu ini?, berikut langkah-langkahnya:

  1. SIlahkan Anda blok kalimat yang ingin diubah ke huruf kapital semuanya.
  2. Selanjutnya, Anda klik pada ikon change case pada tab font.
  3. Kemudian pilih format atau menu yang bernama Uppercase
  4. Selesai, dan kini semua huruf akan berganti menjadi huruf kapital semuanya
Baca Juga :  Cara Menghapus Hyperlink di MS Word dan Excel

Dari penjelasan yang sudah redaksi berikan diatas, tentu kini Anda sudah mulai paham mengenai apa itu Uppercase yang muncul di menu Ms Word atau Ms Excel bukan?

Sedehananya, pengertian Uppercase adalah istilah yang digunakan untuk sebuah huruf besar atyau huruf kapital. Sehingga ketika Anda menemui kalimat seperti ini “password must contain an uppercase letter”, itu artinya ketika membuat password harus berisi setidaknyaknya 1 huruf besar atau huruf kapital.

Kesimpulan

Memahami istilah dalam bahasa asing atau bahasa Inggris memang sangat diperlukan, agar bisa tahu tujuan penggunaan istilah tersebut.

Termasuk istilah Uppercase yang kerap ditemuai pada program pengolah dokumen atau data di komputer seperti Ms Word atau Ms Excel.

Dari ulasan redakasi diatas, dapat ditarik kesimpulan jika Uppercase adalah huruf besar atau huruf kapital yang digunakan untuk tujuan tertentu.

Baca Juga :  Page Setup Berfungsi Untuk Apa, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Misalnya untuk pembuatan judul yang harus huruf besar semua, atau bisa juga istilah ini ditemui pada saat pembuatan sebuah akun yang mengharuskan pengguna untuk menyematkan setidaknya 1 huruf kapital pada password yang digunakan.

[darsitek number=3 tag=”microsoft-word”]

Demikian informasi dari redaksi, semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Pos terkait