recode.ID – Pembuatan konten dalam dunia digital marketing saat ini semakin beragam seiring dengan kreativitas yang terus meningkat. Salah satu bentuk konten marketing yang saat ini banyak diminati adalah infografis.
Selain kualitas hosting website bisnis yang baik, konten infografis yang menarik turut berperan dalam usaha digital marketing.
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai infografis dalam dunia content marketing.
Pengertian Infografis
Sebelumnya mari pahami dulu apa itu sebenarnya infografis. Jika ingin memahami lebih jauh mengenai jenis konten ini dalam dunia digital marketing maka harus dipahami dulu pengertiannya.
Infografis itu sendiri merupakan sebuah media informasi yang disajikan berupa teks dan dipadukan dengan visual lainnya. Elemen visual yang terlibat bisa berupa gambar, grafik, maupun ilustrasi tertentu.
Infografis ini bisa dipahami juga sebagai penambahan data dalam sebuah sajian konten yang dikemas dengan warna desain menarik.
Ini akan membuat audiens merasa lebih tertarik karena sajian data yang ditampilkan estetik dan interaktif. Selain itu, infografik juga akan membuat audiens tidak merasa bosan bahkan tergoda untuk melihat konten lebih jauh lagi.
Infografis ini sekarang begitu banyak diminati karena memang terbukti efektif menarik minat audiens. Dalam usaha digital marketing atau pembangunan sebuah website bisnis, infografis ini akan memberikan pengaruh yang besar.
Bagi pelaku usaha yang tengah merintis, pengelolaan website tak hanya cukup dengan menggunakan tipe domain terbaik. Pemakaian infografis ini juga akan berperan penting dan memberi manfaat besar.
Ragam Jenis
Ada banyak sekali jenis infografis yang sebenarnya bisa Anda temui. Namun, secara garis besar ada 3 kelompok infografis yang biasa dimanfaatkan dalam pembuatan konten marketing.
Cukup pahami saja 3 kelompok ini karena jenis-jenis infografis lain merupakan pengembangan dari 3 tipe ini. Berikut adalah 3 jenis atau tipe infografis yang perlu Anda ketahui:
- Statis
Tipe pertama adalah infografis statis yang artinya akan disajikan dalam bentuk visual yang diam atau statis. Infografis ini akan disajikan dalam bentuk paling sederhana, berupa gambar tanpa adanya suara maupun animasi yang bergerak.
ampilan yang diperlihatkan hanya berupa gambar atau ilustrasi. Namun, dalam satu ilustrasi tersebut sudah bisa didapatkan informasi yang jelas mengenai konten yang akan disampaikan.
- Animasi
Berikutnya ada tipe infografis yang menggunakan animasi bergerak. Tipe ini tentu dinilai lebih menarik dan atraktif jika dibandingkan tipe sebelumnya yang statis.
Jenis infografis animasi ini menggabungkan 2 elemen penting yakni visual serta audio atau suara. Tipe animasi yang digunakan pun ada dua macam yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi.
Usaha digital marketing saat ini banyak sekali yang menggunakan infografis dalam bentuk animasi. Hal ini terjadi karena memang infografis tipe ini terbukti bisa menarik perhatian masyarakat lebih kuat.
Audiens terbukti akan merasa lebih tertarik jika melihat suatu informasi yang bergerak dan disertai dengan suara.
- Interaktif
Selanjutnya ada tipe infografis yang paling kompleks karena melibatkan banyak elemen termasuk animasi yang lebih rumit. Tipe infografis yang satu ini juga akan memuat fasilitas interaksi langsung kepada audiens.
Nantinya akan terdapat fitur berupa tombol atau button yang mengarahkan audiens untuk mencari informasi lebih jauh lagi.
Jika dijabarkan lebih luas lagi, ada banyak sekali jenis infografis yang bisa digunakan dalam pembuatan konten-konten marketing.
Sebut saja infografis timeline yang menyajikan data berdasarkan kronologi, infografis statistik, infografis hierarki, dan masih banyak lagi. Kreativitas pembuatan infografis ini akan menambah banyak tipe infografis yang muncul sebagai pelengkap konten marketing.
Fungsi Infografis
Lalu apa sebenarnya fungsi dari infografis ini di dunia digital marketing? Ada beberapa fungsi penting infografis dalam kepentingannya sebagai komponen digital marketing. Berikut ini adalah beberapa fungsi penting infografis yang perlu dipahami:
- Meningkatkan Brand Awareness
Adanya infografik dalam sebuah konten marketing akan membantu meningkatkan brand awareness. Value dari sebuah brand akan bertambah dengan adanya infografis ini.
Konten yang melibatkan infografis akan memiliki daya tarik tersendiri. Kualitas infografis ini akan membuat audiens secara otomatis percaya dengan brand tersebut.
Perlu diketahui bahwa infografis bukanlah suatu hal yang mudah untuk dibuat. Tentunya dibutuhkan perencanaan yang matang untuk menghadirkan infografis yang menarik bagi audiens.
Nilai inilah yang kemudian menumbuhkan kepercayaan audiens kepada sebuah brand.
- Mendukung Optimalisasi SEO
Infografis juga bisa membantu mendukung optimalisasi SEO sebagai upaya untuk meningkatkan reputasi sebuah website. Bagi para pelaku usaha, peningkatan reputasi website sangatlah penting.
Selain membutuhkan layanan hosting terbaik, peningkatan performa juga bisa dilakukan lewat pembuatan infografis ini.
Ada sebuah riset yang menyebutkan bahwa audiens lebih menyukai konten dengan infografis. Artinya, konten ini bisa menarik perhatian audiens lebih banyak.
Optimasi SEO pun akan berjalan lebih efektif karena semakin banyak audiens yang tertarik untuk melihat konten tersebut. Secara otomatis, hal ini akan membuat reputasi website meningkat di mesin pencarian.
- Mempermudah Penyampaian Informasi
Fungsi lain dari infografis adalah membantu mempermudah penyampaian sebuah informasi. Infografis akan menyederhanakan informasi yang rumit sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh audiens.
Hal ini sangat penting karena pembuatan konten marketing memang harus bisa dipahami semudah mungkin. Infografis akan menjadi alat yang sangat efektif untuk mewujudkan hal tersebut.
- Meningkatkan Minat Audiens
Penyajian konten infografis juga akan membantu meningkatkan minat audiens terhadap sebuah informasi atau produk yang diiklankan.
Infografis menyajikan sebuah informasi dalam bentuk yang menarik. Jelas saja audiens akan memiliki minat yang lebih besar.
Jika minat audiens terhadap informasi promosi tersebut besar maka popularitas brand pun akan meningkat.
- Menghadirkan Media Promosi Efektif
Infografis juga akan membantu menghadirkan sebuah media promosi yang efektif. Coba bayangkan saja jika tidak ada infografis, maka konten promosi akan terasa membosankan dan tidak menarik.
Dengan adanya infografis ini maka konten promosi tersaji lebih menarik dan membuat audiens menyukainya.
Namun untuk menghadirkan media promosi yang efektif ini, infografis harus dibuat dan direncanakan dengan sebaik mungkin. Infografis harus dibuat sekreatif mungkin agar bisa menarik perhatian. Itulah mengapa penyusunan infografis membutuhkan keahlian dan kreativitas yang cukup berharga.
- Mempermudah Audiens untuk Mengingat
Konten marketing yang disajikan dalam bentuk infografis akan lebih mudah untuk diingat oleh audiens. Otak kita cenderung mengingat hal-hal yang unik dan menarik.
Jika konten marketing disajikan secara kreatif lewat sebuah infografis maka audiens pun akan lebih mudah untuk mengingatnya. Ini menjadi salah satu tujuan yang perlu diraih dalam sebuah usaha digital marketing.
Itulah tadi pembahasan singkat mengenai jenis juga fungsi dari infografis dalam konten marketing. Tentunya dalam sebuah pembuatan website bisnis, infografis ini akan berperan penting.
Pastikan untuk menggunakan domain pada website bisnis Anda dan rencanakan konten infografis yang menarik demi meningkatkan reputasi website sekaligus value brand.