recode.ID – Keberadaan aplikasi My Telkomsel sangat penting bagi penggunanya. Pasalnya, lewat aplikasi ini pengguna bisa melakukan aktivitas yang berkaitan dengan nomor Telkomsel yang mereka gunakan, misalnya, cek pulsa, beli paket internet, tukar poin, dan masih banyak lagi. Tapi apa jadinya, jika ternyata aplikasi My Telkomsel tidak bisa dibuka pada perangkat yang digunakan? untuk mengatasi masalah tersebut silahkan simak ulasan redaksi dibawah ini.
Sebagaimana kita ketahui, dengan munculnya masalah pada aplikasi My Telkomsel yang digunakan ini, tentu aktifitas pengguna akan menjadi terganggu terkait penggunaan nomor Telkomsel milik mereka.
Misalnya untuk mengecek pulsa yang bisanya cukup dengan buka aplikasi pengguna akan beralih melakukanya secara manual dengan mengeceknya di *888#. Cukup merepotkan bukan?
Jika kalian termasuk salah satu pengguna yang mengalami masalah seperti ini, berikut akan redaksi berikan langkah-langkah bagaimana cara mengatasi aplikasi My Telkomsel tidak bisa dibuka.
Mengatasi Aplikasi My Telkomsel Tidak Bisa dibuka
Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa baca dan pahami langkah-langkahnya pada lanjutan artikel dibawah ini.
Cara mengatasi aplikasi My Telkomsel yang error dan tidak bisa dibuka, bisa dilakukan dengan cara:
- Cek Koneksi Internet yang digunakan
Perlu kalian ketahui, bahwa aplikasi ini berjalan dengan menggunakan koneksi internet. Sehingga ketika koneksi kalian sedang bermasalah atau sedang tidak stabil, maka aplikasi tidak bisa dimuat dengan sempurna dan terkadang tidak bisa dibuka.
Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memastikan bahwa koneksi internet yang kalian gunakan cukup stabil untuk membuka aplikasi My Telkomsel ini.
- Paksa Berhenti Aplikasi
Tips berikutnya yang bisa kalian terapkan adalah dengan menghentikan secara paksa aplikasi My Telkomsel tersebut.
Dengan menutup aplikais secara paksa ini akan mengentikan proses yang sedang berjalan dan memuat ulang aplikasinya.
Caranya, silahkan masuk ke menu pengaturan atau settings > pilih aplikasi/Aplikasi ter- install -> Pilih MyTelkomsel > lalu tekan paksa henti.
- Melakukan Restart Perangkat
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara melakukan restart perangkat yang digunakan.
Ketika suatu aplikasi mengalami masalah atau error, termasuk aplikasi My Telkomsel ini cara ini cekuk efektif untuk mengatasi masalah yang muncul tersebut.
Kalian cukup tekan otmbol power, lalu pilih opsi muat ulang perangkat.
- Hapus Cache
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus cache atau file sampah yang menumpuk pada aplikasi tersebut.
Caranya cukup mudah, kalian bisa masuk ke menu Pengaturan, kemudian kalian pilih aplikasi > selanjutnya pilih MyTelkomsel > silahkan tekan Hapus Data dan Hapus Cache.
- Lakukan Update Aplikasi
Ketika kalian mengalami masalah seperti ini, sangat dianjurkan untuk mengecek apakah ada update terbaru dari aplikasi yang bermasala tersebut.
Termasuk aplikasi My Telkomsel ini, jika sudah ada notifikasi untuk melakukan update segera lakukan pembaruan. Ini bertujuan untuk menambal bug yang menyebakan error dan memaksimalkan performa dari aplikasinya.
- Hapus Install Ulang Aplikasi
Ini merupakan opsi yang terakhir, jika semua tips yang sudah redaksi ulas diatas masih belum mengatasi masalah yang terjadi maka solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi tersebut dan menginstall ulang kembali.
Hal itu biasanya terjadi karena aplikasi yang terpasang mengalami corrupt, sehinga mau tidak mau kita harus menghapus aplikasi tersebut dan menggantinya dengan file instalasi yang baru.
Demikian informasi dari redaksi mengenai bagaimana cara untuk mengatasi aplikasi My Telkomsel yang tidak bisa dibuka di perangkat yang kalian gunakan.
Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba.