recode.ID – Beberapa waktu terakhir banyak konsumen yang belanja online di Shopee yang penasaran kenapa saat ini Shopee ada biaya layanan pada saat akan checkout.
Sebagaiman kita tahu, pada saat berbelanja secara online konsumen akan dibebankan untuk beberapa jenis biaya selain biaya atau harga barang itu sendiri.
Biaya itu antara lain ongkir (ongkos kirim), asuransi produk dan pajak. Namun kini, muncul lagi biaya lain yang harus dibayar konsumen berupa biaya layanan yang muncul ketika akan melakukan pembayaran.
Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan di benak pada konsumen kenapa muncul biaya baru seperti yang harus dibayar.
Oleh karena itu, pada artikel ini akan redaksi berikan informasi detail alasan kenapa Shopee sekarang ada biaya layanan yang harus dibayar pada saat berbelanja di marketplace tersebut.
Alasan Kenapa Shopee Ada Biaya Layanan
Seperti yang redaksi kutip dari informasi pada laman resmi Shopee, disebutkan jika marketplace yang identik dengan warna orange tersebut telah resmi mengenakan biaya layanan sejak Minggu (23/10/2022) lalu.
Besaran biaya layanan yang muncul dan dahrus dibayar pada saat transaksi adalah sebesar Rp 1.000 yang akan otomatis muncul pada akan melakukan pembayaran.
Alasan kenapa sekarang Shopee ada biaya layanan adalah bertujuan untuk pengembangan teknologi yang bertujuan agar dapat melayani pelanggan dengan labih maksimal.
“Shopee menerapkan biaya layanan untuk mengembangkan teknologi kami agar dapat melayani pelanggan dengan lebih baik lagi,” demikian tulis Shopee dalam laman resmi mereka.
Hal-Hal yang Perlu diketahui Seputar Biaya Layanan
Lebih lanjut di jelaskan, dalam pelaksanaannya pada saat melakukan transaksi pada marketplace Shopee terdapat beberapa hal yang harus diketahui terkait munculnya biaya layanan ini.
Berikut ini informasi detailnya untuk Anda:
Biaya Layanan Muncul Pada Transaksi kelima
Meski pada saat transaksi akan dikenakan biaya layanan, namun biaya ini akan muncul atau dibebankan pada saat transaksi ke-5 setiap pada setiap akun Shopee.
Maksudnya begini, jika Anda memiliki akun shopee kemudian baru satu kali melakukan transaksi atau belanja maka untuk belanja ke 2,3 dan 4 tidak akak muncul.
Biaya layanan akan muncul ketika Anda berbelanjan untuk kelima kalinya.
Biaya Layanan Akan digabung
Selanjutnya, untuk biaya layanan ini dibebankan kepada konsumen secara kolektif. Artinya, jika Anda melakukan satu transaksi dari dua toko yang berbeda, maka biaya layanan yang dikenakan tetap sebesar Rp 1.000.
Hanya Berlaku Untuk Produk Fisik
Hal berikutnya yang perlu diketahui oleh konsumen terkait biaya layanan ini adalah, bahwa biaya ini akan dibebankan ketika konsumen hanya membeli produk fisik.
Misalnya, beli baju, elektronik, sepatu, atau semua produk “nyata” lainnya. Sementara jika konsumen melakukan transaksi produk digital yang dimaksud oleh Shopee meliputi, isi ulang, tagihan, transportasi & akomodasi, hiburan, dan keuangan, tidak akan dikenakan biaya layanan.
Selain produk digital yang dikecualikan, jika konsumen akan melakukan pembayaran zakat atau donasi juga tidak akan dikenakan biaya seperti ini.
Biaya Layanan dikembalikan Jika Pesanan dibatalkan
Informasi penting selanjutnya yang perlu diketahui terkait hal ini, pihak Shopee menyatakan dana konsumen akan dikembalikan secara penuh jika transaksi tersebut dibatalkan.
Perlu diketahui juga, bahwa dalam laman resmi mereka dikatakan jika “Shopee berhak untuk mengubah, menambah, atau memodifikasi syarat & ketentuan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu,” .
Sehingga bisa saja kedepan, untuk biaya ini akan ada perubahan atau kenaikan yang terjadi tanpa adanya pemberitahuan lebih dahulu kepada konsumen.
Demikian informasi dari redaksi mengenai informasi kenapa saat ini muncul biaya layanan pada saat berbelanja di toko online Shopee.
[darsitek number=3 tag=”belanja-online”]
Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya, sekaligus bisa menjawab rasa penarasan Anda kenapa muncul biaya tambahan lainnya pada saat akan melakukan pembayaran ketika belanja di toko onlie Shopee.