recode.ID – Saat akan melakukan pengecekan jadwal kereta lewat aplikasi KAI Access, banyak pengguna mengalami kegagalan. Untuk mengetahui apa penyebab aplikasi KAI Access tidak dapat memuat jadwal kereta dan tidak ditemukan.
Sekedar informasi, KAI Access merupakan aplikasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan tiket secara online dan melihat jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta.
Salah satu fitur yang jadi andalan pada aplikasi ini adalah fitur untuk melakukan pengecekan jadwal kereta. Namun, ketika pengguna memakai fitur ini untuk mencari jadwal kereta, pada layar aplikasi ditampilkan jika jadwal tidak ditemukan.
Hal ini tentu membuat pengguna menjadi bingung dan mencari tahu apa yang jadi sumber penyebabnya serta solusi untuk mengatasinya.
Sehubungan dengan hal tersebut, pada artikel dibawah ini sudah redaksi siapkan pembahasan detail mengenai penyebab kenapa aplikasi KAI Access muncul pemberitahuan jadwal tidak ditemukan saat digunakan serta tips untuk mengatasinya.
Penyebab Kenapa KAI Access Jadwal Tidak Ditemukan
Merangkum informasi yang sudah redaksi kutip dari beberbagai sumber, saat aplikasi KAI Access mengalami masalah seperti pada topik artikel ini, hal itu bisa jadi karena beberapa penyebab berikut ini.
1. Kesalahan Dalam Memasukkan Rute
Untuk penyebab yang pertama, kenapa aplikasi KAI Access muncul jadwal tidak ditemukan adalah adanya kesalahan dari pengguna ketika memasukan rute.
Ketika hal ini yang terjadi, maka secara otomatis informasi yang ditampilkan pada layar adalah jadwal yang sesuai dengan rute tersebut tidak ada.
Untuk solusinya, pastikan Anda memasukan nama stasiun dan rute dengan benar agar sistem dapat mengenalinya dan memunculkan jadwal sesuai dengan rute yang sudah dipilih.
2. Adanya Perubahan Rute
Dalam istilah transportasi menggunakan kereta api, ada sebuah istilah yang bernama Gapeka atau grafik perjalanan kereta api yang jadi rujukan untuk mengetahui rute mana saja yang dilalui oleh kereta api tersebut.
Ketika adanya perubahan rute atau Gapeka ini, sudah pasti akan membuat sistem mengalami perubahan termasuk pada aplikasi KAI Access.
Untuk itu, silakan cari informasi yang valid melalui situs resmi KAI ataupun tanyakan di sosial media PT KAI mengenai rute terbaru agar ketika mengecek jadwal bisa sesuai dengan rute paling terkini.
3. Jadwal Sudah Terlewat
Dalam beberapa kasus, ketika jadwal dari kereta api yang dicari sudah terlewat dari waktu pencarian, maka sistem akan memunculkan notifikasi jika jadwal tidak tersedia atau ditemukan.
Misalnya, jadwal kereta A adalah pukul 10 pagi, lalu pengguna melakukan pengecekan pada pukul 11 maka jadwal dari kereta A sudah terlewat dan akan menampilkan pesan seperti pada topik artikel kali ini.
4. Kehabisan Tiket Kereta
Pengecekan jadwal kereta akan tersinkronisasi dengan sistem pemesanan kereta. Apabila hendak mencari jadwal kereta dan tiket dari kereta yang dimaksud sudah habis biasanya akan muncul error seperti ini.
Jika ini yang terjadi maka solusi lain adalah berganti dengan kereta lainnya agar sistem pemesanan dan penegcekan jadwal bisa tetap tersedia.
5. Koneksi Internet Sedang tidak Stabil
Untuk penyebab yang terakhir ketika muncul pemberitahuan jadwal tidak ditemukan saat menggunakan KAI Access untuk mengcekan, itu juga bisa jadi kerana koneksi internet yang digunakan sedang tidak stabil.
Perlu diketahui, bahwa aplikasi KAI Access memerlukan koneksi internet agar bisa digunakan secara optimal untuk memesaan tiket perjalanan ataupun mengecek jadwal perjalanan kereta.
Untuk itu, pastikan bahwa koneksi internet yang Anda gunakan cukup cepat dan stabil agar proses pengecekan jadwal kereta bisa berjalan dengan normal, dan jadwal bisa ditemukan.