Cara Cek Garansi Xiaomi, Apabila Ada Kerusakan

Cara Cek Garansi Xiaomi, Apabila Ada Kerusakan

recode.ID – Untuk pengguna samrtphone Xiaomi, apabila perangkat yang digunakan mengalami kerusakan kalian bisa membawanya ke servis center Xiaomi untuk dilakukan perbaikan secara gratis selama masih dalam masa garansi. Untuk mengetahui apakah Hp Xiaomi Anda bergaransi atau tidak, ikuti panduan cara cek garansi Xiaomi pada artikel yang sudah redaksi siapkan dibawah ini.

Karena seperti yang kita tahu, salah satu hal utama yang perlu diperhatikan pada saat membali sebuah produk adalah jaminan garansi yang diberikan.

Termasuk ketika akan membeli perangkat smartphone keluaran dari Xiaomi. Biasanya konsumen akan diberikan layanan garansi untuk beberapa jenis perbaikan tertentu ataupun pergantian part dalam kurun waktu pemakaian antara 12 hingga 24 bulan.

Cara Cek Garansi Xiaomi, Apabila Ada Kerusakan

Cara Reset Hp Xiaomi Semua Tipe Agar Kinerja Kembali Lancar

Seperti yang sudah redaksi jelaskan diawal artikel, bahwa keberadaan garansi produk ini cukup penting untuk menjamin apabila ada kerusakan, dimana biaya perbaikan bisa digratiskan atau di tanggung oleh pabrik/distributor.

Seperti yang redaksi kutip dari laman resmi Xiaomi, dijelaskan ada sejumlah ketentuan mengenai layanan garansi ini. Dimana, sudah di tentukan jenis kerusakan seperti apa saja yang masuk dalam garansi.

Baca Juga :  Kenapa Hp Xiaomi Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Untuk lebih jelasnya, akan redaksi bahas secara detail pada poin-poin pembahasan dibawah ini.

1. Jenis Kerusakan Yang Ditanggung

Perlu diketahui, tidak semua kerusakan akan ditanggung perbaikannya oleh pihak Xiaomi. Pihak Xiaoimi sendiri sudah membuat daftar, jenis-jenis kerusakan yang bisa diklaim garansi. Untuk lebih jelasnya, lihat tabel dibawah ini:

KeteranganJenis Kerusakan
Telepon Genggam/Tablet
  • Kerusakan layar termasuk tidak ada tampilan / tampilan tidak normal
  • Telepon Genggam/Tablet tidak hidup, tidak dapat membuat panggilan atau mencatat panggilan
  • Telepon Genggam/Tablet tidak bergetar atau berdering
  • Mati yang tidak normal
  • Koneksi yang buruk terhadap kartu SIM
  • Kerusakan tombol
  • Tidak ada suara atau volume suara tidak normal
  • Retak disebabkan oleh faktor material ataupun struktur material
ChargerCharger asli tidak berfungsi
BateraiTelepon Genggam/Tablet tidak berfungsi setelah pengisian penuh atau tidak dapat mengisi
Kabel DataTidak berfungsi

2. Jenis Garansi yang Ditolak Oleh Xiaomi

Selain daftar kerusakan yang sudah dimuat pada poin pembahasan diatas, pihak Xiaomi juga membuat ketentuan dimana mereka berhak menolak klaim garansi apabila kerusakan tersebut disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

Baca Juga :  Xiaomi Poco M3, Spesifikasi dan Harganya di Indonesia

Untul lebih jelasnya, garansi Xiaomi ini tidak mencakup beberapa kasus berikut ini:

  • Nomor serial produk, nomor IMEI atau segel garansi hilang atau telah dihapus, dirusak dan diubah. Aksesoris atau bagian luar produk yang hilang.
  • Setiap kerusakan yang terjadi di dalam maupun diluar permukaan produk, termasuk retakan, cacat, atau goresan pada case, layar, lensa kamera, tombol, dan tambahan lainnya meskipun tidak terbatas pada hal tersebut.
  • Perawatan umum, bantuan reset sandi, update atau pemasangan aplikasi, demo produk, atau layanan yang tidak terkait dengan perbaikan/penggantian.
  • Kerusakan produk yang disebabkan oleh pembongkaran dan penggunaan secara normal, termasuk karat dan noda meskipun tidak terbatas pada hal tersebut.
  • Dan hal lainnya yang berlawanan dan tidak sesuai dengan etika bisnis.

3. Cara Cek Garansi Produk Xiaomi

Setelah mengetahui jenis kerusakan yang ditanggung dan ditolak, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara cek garansi Xiaomi, apabila perangkat yang Anda gunakan tersebut mengalami kerusakan sesuai dalam daftar diatas.

Baca Juga :  Kode Rahasia Untuk Mengecek Battery Health Xiaomi

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan, berikut penjelasannya:

  1. Cek garansi Xiaomi bisa dilakukan dengan melihat dusbook atau kotak pembelian perangkat Xiaomi. Biasanya seller penjual atau konter sudah menyertakan kartu garansi. Pastikan kartu garansi ini ada, untuk bisa melakukan klaim garansi.
  2. Cara kedua untuk mengecek garansi Hp Xiaomi bisa dilakukan secara online. Berikut panduannya:
    – Silahkan buka website berikut https://m.buy.mi.co.id/id/registration
    – Selanjutnya, masukan 15 digit IMEI Xiaomi pada kolom yang tersedia.
    – Tunggu informasi nama distributor untuk klaim garansi Xiaomi.

Setelah melakukan pengecekan secara online diatas, apabila nantinya pemberitahuan yang muncul berbahasa Indonesia, maka garansi Xiaomi adalah resmi. Sementara jika dalam notifikasi muncul bahasa China, maka Xiaomi tersebut dalam garansi distributor.

4. Informasi Service Center

Untuk informasi service center bisa cek di https://www.mi.co.id/id/service/repair/. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi nomor layanan Xiaomi: 0800-1-401558 atau melalui WhatsApp: +6282117236765.

Demikian informasi mengenia bagaimana cara cek garansi Xiaomi lengkap dengan penjelasan mengenai jenis kerusakan perangkat yang ditanggung dan di tolak oleh garansi.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait