recode.ID – Untuk Anda yang gemar main sosial media pasti sudah sering mendengar istilah yang satu ini, Hashtag. Namun, sudah tahukah Anda apa arti dari Hashtag itu sendiri?
Istilah ini kerap muncul dihampir semua platform media sosial, baik Facebook, Twitter, Instagram, TikTok dan lain-lain yang menjadi baromater untuk sesuatu yang sedang trending atau viral.
Khusus untuk pengguna yang ada di wilayah Indonesia, penggunaan istilah Hashtag ini disebut juga dengan istilah Tagar yang biasanya ditandai dengan dengan icon (#).
Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini redaksi sudah menyiapkan informasi mengenai apa itu Hashtag, mulai dari pengertian dan juga fungsinya khusus untuk Anda yang masih belum paham mengenai istilah yang satu ini.
Hashtag Adalah, Ini Pengertiannya
Menurut sejumlah sumber, dijelaskan bahwa Hashtag adalah sebuah frasa kata kunci yang dieja tanpa spasi, dengan tanda pagar (#) di depannya.
Istilah ini pertama kali muncul dan dipopulerkan pada tahun 2007 silam oleh seorang yang berrnama Chris Messina, seorang web marketing specialist pada media sosial Twitter.
Kala itu, Chris Messina menggunakan istilah ini sebagai penanda bagi tweets yang berhubungan pada satu topik tertentu.
Sejak itulah penggunaan istilah hashtag ini makin meluas dan tidak hanya digunakan pada Twitter saja namun platform media sosial lain juga turut menggunakan tanda ini.
Biasnya, hashtag ini digunakan dengan format seperti ini, tanda tagar (#) kemudian diikuti oleh kata kunci tanpa spasi, misalnya: #tolakkenaikanbbm, #saynotorasis, #indonesiakuat dan lain-lain.
Penggunaan tanda ini akhirnya menjadi salah satu penanda apa yang sedang tren dan viral saat ini, contohnya ketika sedang trending suatu masalah atau persoalaan tertentu.
Fungsi dari Hashtag
Setelah Anda mengetahui dan memahami pengertianya, selanjutnya perlu Anda ketahui juga apa saja kegunaan atau fungsi dari tanda tagar ini.
Mengelompokan Postingan Untuk Topik Tertentu
Fungsi pertama dari penggunaan tanda ini adalah untuk mengelompokan sebuah postingan di media sosial dengan topik tertentu.
Dengan dikelompokan menggunakan tanda ini, maka akan memudahkan pencarian oleh pengguna lainnya terkait suatu topik yang sedang tren.
Kebutuhan Branding
Selanjutnya, fungsi atau kegunaan dari hashtag ini adalah untuk kebutuhan branding atau promosi suatu produk yang akan diluncurkan oleh sbeuah perusahaan.
Misalnya, ada sebuah perusahaan sedang prmosi promosi produk tertentu di media sosial, maka akan digunakan hastag #namaproduk sehingga lebih mudah diketahui oleh calon konsumen.
Bentuk Dukungan Followers
Selanjutnya, fungsi lain dari penggunaan hastag ini adalah sebagai bentuk dukungan followers atau pengikut untuk idola mereka, atau bisa juga sebagai bentuk dukungan terhadap suatu isu sosial tertentu.
Misalnya, yang ada isu kenaikan BBM maka ada cukup banyak pengguna media sosial yang menyuarakan dukungan untuk menolak kebijakan tersebut dengan hasgtad #tolakkenaikanbbm, atau sejumlah isu sosial lain yang sedang hangat diperbicangkan.
[darsitek number=3 tag=”arti-kata”]
Demikian informasi dari redaksi mengenai apa itu hashtag, mulai dari pengertiannya hingga fungsi atau kegunaan dari tanda yang satu ini.
Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda.